Rantai Produksi

Tips Membuat Rantai Produksi Anda Menjadi Lebih Ramah Lingkungan

Tips Membuat Rantai Produksi Anda menjadi Lebih Ramah Lingkungan – Jika Earth Day membuat Anda berpikir untuk membuat rantai produksi Anda lebih ramah lingkungan, pertimbangkan keberhasilan Green Toys, sebuah perusahaan yang memproduksi mainan balita yang diproduksi di AS dari 100 persen bahan daur ulang.

Baca Juga: 16 Produk Ramah Lingkungan Ini Dapat Membantu Mengurangi Penggunaan Plastik

Dimulai pada 2007 sebagai merek khusus, Green Toys telah berubah menjadi perusahaan global dengan produk yang dijual di 75 negara. Perusahaan ini menjual mainan melalui distributor nasional, termasuk Whole Foods, Pottery Barn dan Barnes & Noble, menurut salah satu pendiri dan entrepreneur, Robert von Goeben, yang menolak untuk mengungkapkan pendapatan perusahaan tersebut.

Baca Juga: Wanita dengan Bentuk Tubuh Bak Buah Pir Lebih Sehat

Ketika Laurie Hyman tidak dapat menemukan mainan yang ramah lingkungan buatan AS untuk dua anaknya, dia dan von Goeben bekerja sama dan meluncurkan Green Toys untuk memenuhi kebutuhan itu. Pabrik yang berbasis di Mill Valley, Calif, membuat mainan dari botol susu daur ulang.

Baca Juga: Kelebihan dari Produk Ramah Lingkungan

Kunci untuk menjual produk ramah lingkungan bukanlah meminta pelanggan untuk mengorbankan kualitas, kata von Goeben. Mereka menarik orang untuk memakai produk karena kegunaan produk tersebut, apapun tujuan utamanya.

Menurut mereka, jika mereka bisa memberi seseorang mainan dengan harga yang tepat, menyenangkan dan aman serta ramah lingkungan dan dibuat di AS, maka mereka akan cukup laku keras.

Inilah cara Green Toys “menghijaukan” produksi bisnisnya:

1. Meminimalisir pemakaian transportasi

Banyak barang diproduksi dengan melibatkan pengiriman bahan baku ke Cina dan kemudian mengirimkan produk jadi kembali ke AS. Salah satu keputusan paling hemat energi yang telah dibuat Green Toys adalah memiliki fasilitas manufaktur di San Leandro, California, di ujung jalan dari sebuah gudang di Mill Valley, California. Mereka memilih posisi pabrik tersebut karena jaraknya yang relatif dekat di Google Maps.

Baca Juga: Membongkar Penjelasan Ilmiah Tentang Stres Bikin Rambut Beruban

2. Pilih bahan yang berkelanjutan

Produk Green Toys terbuat dari kendi susu bekas, produk yang digunakan oleh pelanggan yang kemungkinan akan mendaur ulang sendiri kendi tersebut.

Setelah Anda mengidentifikasi bahan yang berkelanjutan, lakukan transparansi kepada pelanggan Anda tentang proses produksi Anda yang ramah lingkungan, kata von Goeben. Von Goeben tidak mengunci gerbang di pabrik yang ia miliki. Menjadi terbuka tentang bagaimana proses produksinya yang ramah lingkungan menimbulkan kepercayaan di antara para konsumennya, katanya.

Baca Juga: 35 Produk Ramah Lingkungan yang Dapat Mengubah Cara Anda Travelling

Green Toys juga membuat infografis yang mudah dibaca untuk menggambarkan berapa banyak energi yang dihemat untuk setiap pon plastik kendi susu daur ulang yang digunakan sebagai pengganti plastik non-daur ulang.

3. Cari sumber baru untuk bahan daur ulang

Menemukan sumber baru yang kompetitif untuk bahan daur ulang memerlukan penelitian dan perbandingan pasar, kata von Goeben. Tetapi tempat yang baik untuk memulai adalah dari asosiasi nasional untuk industri-industri tersebut. Sebagai contoh, konsultasikan dengan Association of Postconsumer Plastic Recyclers untuk menemukan pengolah plastik.

Kendi susu daur ulang dijual ke pengolah yang mengubah kendi menjadi butir kecil, yang dibeli Green Toys sebanyak 50.000 pon dan disimpan di tempat penyimpanan silo besar. Pada hari-hari awal, Green Toys menyewa ruang silo untuk menyimpan bahan tersebut, tetapi sekarang memiliki salah satu dari silo itu sendiri. Hari dimana ia dapat membeli sebuah silo sendiri menjadi sangat penting bagi von Goeben.

4. Desain produk Anda agar sesuai dengan bahan daur ulang

Pabrikan mainan yang menggunakan plastik non-daur ulang, tidak memiliki desain yang sama dengan produk Green Toys. Untuk dapat menghasilkan produk yang sepenuhnya terbuat dari bahan daur ulang 100 persen, von Goeben dan Hyman diharuskan untuk merancang produk tanpa cat, tanpa sekrup, tanpa lem dan tanpa logam. Solusinya? Bagian-bagian mainan disatukan dengan cara seperti puzzle.

Baca Juga: Produk Ramah Lingkungan untuk Keseharian Anda

5. Jangan lupa membuat kemasan ramah lingkungan

Jika Anda tidak siap untuk “menghijaukan” seluruh rantai produksi Anda, lihat kemasan produk Anda sebagai tempat untuk mulai menambahkan aspek keberlanjutan pada model bisnis Anda. Karena dengan filosofi keberlanjutannya, produk Green Toys dikemas dan dikirim dalam kotak berkerut yang 100% dapat didaur ulang.

Von Goeben telah memperhatikan bisnis membuat langkah-langkah kecil, seperti menghapus ikatan yang digunakan untuk membuka kemasan mereka, katanya. Menurutnya, langkah kecil benar-benar penting.