Apa Arti Eco-Friendly

Apa Arti Eco-Friendly?

Apa Arti Eco-Friendly? Dalam beberapa tahun terakhir, istilah-istilah seperti “go green” dan “ramah lingkungan” telah menjadi kata kunci di talkshow, iklan, dan kemasan produk. Istilah “ramah lingkungan” telah digunakan untuk begitu banyak produk dengan praktik yang jauh berbeda dari arti sebenarnya.

Dengan memahami arti sebenarnya dari ramah lingkungan, Anda dapat menerapkan praktik-praktik yang akan mengarah pada kehidupan yang lebih sehat untuk planet ini dan penghuninya.

Apa Arti Eco-Friendly?

Definisi Eco-Friendly

Ramah lingkungan secara harfiah berarti ramah lingkungan atau tidak berbahaya bagi lingkungan. Istilah ini paling umum merujuk pada produk yang berkontribusi pada green living atau praktik yang membantu melestarikan sumber daya seperti air dan energi.

Produk ramah lingkungan juga mencegah Anda berkontribusi terhadap polusi udara, air, dan tanah. Anda dapat terlibat dalam kebiasaan atau praktik ramah lingkungan dengan menjadikan Anda lebih sadar bagaimana Anda selama ini menggunakan sumber daya alam.

Kualifikasi Produk

Membuat produk yang benar-benar ramah lingkungan selalu memperhatikan keselamatan lingkungan dan manusia. Minimal, produk ini tidak beracun.

Syarat ramah lingkungan lainnya adalah bahan yang digunakan dapat diperbarui secara berkelanjutan, dan diproduksi dengan cara yang tidak merusak ekosistem. Selain itu, syarat lainnya adalah bahan atau bahan organik ditanam tanpa pestisida atau herbisida beracun.

Selain itu, ada produk dengan bahan daur ulang yang mengandung kaca, kayu, logam atau plastik yang direklamasi dari produk limbah dan dibuat menjadi sesuatu yang baru. Lalu ada juga produk biodegradable yang merupakan produk yang dapat terurai melalui dekomposisi alami, yang mengurangi beban tempat pembuangan sampah dan ekosistem secara keseluruhan.

Contoh Praktek

Anda dapat mengembangkan kebiasaan ramah lingkungan untuk membantu Anda menggunakan lebih sedikit sumber daya alam dan sumber daya energi serta memaksimalkan apa yang Anda miliki.

Matikan lampu di kamar kosong dan gunakan termostat yang dapat diprogram sehingga Anda hanya memanaskan atau mendinginkan rumah Anda saat Anda tempati.

Beberapa perusahaan juga dapat melakukan praktik-praktik semacam itu, di samping inisiatif yang lebih besar, seperti program daur ulang bagi karyawan di seluruh perusahaan untuk melestarikan sumber daya alam, yang mengurangi polusi udara dan konsumsi bahan bakar dengan menghilangkan perjalanan harian ke tempat kerja.

Greenwashing

Perusahaan terkadang memberi label produk mereka “ramah lingkungan” atau “ramah lingkungan” tanpa benar-benar melakukannya. Disebut “greenwashing,” kampanye pemasaran melakukan praktik ini yang bertujuan membantu perusahaan meningkatkan penjualan produk mereka dengan menggoda pembeli yang sadar lingkungan.

Untuk menghindari pembelian produk yang “greenwashed”, carilah produk yang disetujui oleh Badan Perlindungan Lingkungan AS, program Energy Star atau kelompok advokasi konsumen yang sadar secara ekologis seperti Green Good Housekeeping Seal.